Rabu, 14 Mei 2008

Berusaha, Doa dan Tawakal

Berpidato adalah menyampaikan suatu hal yang kita ketahui kepada orang lain pada suatu kesempatan atau waktu tertentu. Berpidato sering dijadikan sebagai kegiatan yang dilombakan di acara tertentu. Biasanya perlombaan itu diadakan oleh lembaga-lembaga tertentu khususnya lembaga pendidikan mulai dari SD sampai tingkat perguruan tinggi.
Ketika saya duduk di kelas X SMA, tepatnya SMAN Darmaraja saya pernah mengikuti lomba pidato yang dilaksanakan oleh OSIS SMAN Darmaraja. Lomba itu dilaksanakan dalam rangka mengisi kegiatan tengah semester di sekolah. Materi yang akan saya sampaikan pada saat itu tentang pentingnya menuntut ilmu. Peserta yang mengikuti acara ini adalah perwakilan tiap-tiap kelas, dari mulai kelas X, XI, dan kelas XII. Adapun yang bertindak sebagai juri pada saat itu adalah semua guru bahasa indonesia di SMAN Darmaraja.
Adapun persiapan yang saya lakukan untuk berpidato ini adalah sebagai berikut.
1.Menentukan tema tentang materi yang akan disampaikan.
2.Menentukan tujuan yang ingin dicapai dari apa yang akan disampaikan itu.
3.Membuat kerangka pidato dan mengembangkannya.
Setelah mengembangkan kerangka pidato yang telah dibuat kemudian saya melakukan beberapa kali latihan berpidato di depan cermin. Selain itu tidak lupa saya berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kelancaran dan hasil yang terbaik. Saat pelaksanaan lomba pidato itu, saya merasa tegang dan kurang percaya diri, tetapi saya harus tawakal apapun yang terjadi pasti itulah yang terbaik dari Allah, karena saya sudah berusaha dengan cara latihan dan berdoa.
Ketika nama saya dipanggil untuk maju ke depan, saya merasa sedikit tegang, tetapi saya terus meyakinkan diri . Pidato itu saya mulai dengan ucapan basmalah. Materi yang saya sampaikan pada saat itu intinya mengajak pendengar untuk semangat menuntut ilmu karena memang ada hadis dan ayat Al Qur'an yang isinya bahwa menuntut ilmu itu merupakan kewajiban bagi semua kaum muslimin, baik itu laki-laki maupun perempuan. Saya juga memberikan cara agar kita bisa menuntut ilmu yang bermanfaat, dan cara itu adalah sebagai berikut.
1.Diawali dengan tekad yang kuat untuk menuntut ilmu yang bermanfaat.
2.Berusaha dengan terus menuntut ilmu meskipun banyak rintangannya.
3.Terus berdoa kepada Allah SWT, memohon agar diberikan kemudahan dan kelancaran.
4. Bertawakal atas segala usaha dan doa yang telah digantungkan pada Allah semata.
Alhamdulillah saya dapat menyampaikan isi pidato itu dengan baik. Saya sangat bersyukur, karena saya dapat mengalahkan perasaan tidak yakin akan kemampuan diri yang membuat saya tegang dan yang lebih membahagiakan bagi saya dapat meraih juara pertama untuk lomba pidato itu.
Dari pengalaman saya mengikuti lomba pidato itu, banyak hikmah yang dapat kita ambil untuk dijadikan bahan renungan untuk menjadi lebih baik. Sebagai manusia tentu kita memiliki kelebihan dan kekurangan tetapi kita harus menjadikan kelemahan diri kita menjadi sesuatu yang bisa kita perbaiki, artinya kita harus terus belajar untuk mengenal kelemahan diri dan berusaha memperbaikinya sehingga diri kita ini menjadi lebih berguna, Rasullah SAW pernah bersabda bahwa sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat. Kita tidak boleh mengalah pada keadaan yang lemah tetapi berusaha mengubah keadaan untuk menjadi lebih baik. Allah SWT berfirman dalam salah satu ayatnya bahwa Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai mereka mengubahnya sendiri. Pada dasarnya memang itulah tugas manusia untuk selalu berusaha semaksimal mungkin dan berdoa hanya kepada Allah yang disertai dengan tawakal kapada Allah semata.

2 komentar:

File mengatakan...

Artikel yang anda buat sangat bermanfaat.

Coba perhatikan kembali artikel anda apakah ada kesalahan dalam artikel yang anda buat.

File mengatakan...

Blog anda sudah masuk dalam pengecekan.